PERILAKU MEROKOK PADA ANAK PEREMPUAN DAN PENYEBABNYA

Ilustrasi Gambar

Perilaku merokok telah menjadi kebiasaan banyak orang, bahkan telah menjadi kebutuhan. Perilaku merokok saat ini sudah banyak dilakukan dari usia dini, tidak hanya bagi anak laki-laki, namun juga dilakukan oleh anak perempuan.

Kebiasaan merokok pada anak ini tidak hanya berpengaruh negatif pada bidang kesehatan, namun juga pada hal ekonominya. Dikarenakan sebagian besar mereka tidak memiliki pekerjaan dan uang yang cukup untuk membeli rokok, sehingga membuka potensi untuk terjadinya hal yang tidak diinginkan.

Hidup di Indonesia sebagai perempuan dan memiliki perilaku merokok berbeda dengan laki-laki dengan perilaku merokok. Perempuan yang merokok akan dipandang sebelah mata, sementara laki-laki yang merokok di tempat umum adalah hal yang wajar. Pada anak perempuan dengan perilaku merokok belum tentu menyadari risiko yang dihadapi sebagai akibat dari merokok. Selain risiko kesehatan, risiko dipandang buruk oleh orang disekitar juga berlaku saat ini.

Ada beberapa perempuan merokok di pinggiran jalan hingga di warung tongkrongan yang menyediakan rokok eceran, mereka merokok bersama dengan teman lawan jenisnya, banyak anak yang masih bersekolah di tingkat SMP melakukan perilaku merokok tersebut.

Anak perempuan yang merokok diakibatkan oleh faktor eksternal dan internal seperti rasa ingin tahu yang tinggi, keinginan untuk mendapatkan pengakuan bahwa ia sudah dewasa dan menganggap rokok memberikan ketenangan, dan dipengaruhi oleh lingkungan teman sebayanya.

DAFTAR PUSTAKA

Handayani, A., & Ajie, G. R. ANALISIS PENYEBAB PERILAKU MEROKOK PADA REMAJA PEREMPUAN.

TC Program LPAI merupakan salah satu program kerja LPAI dalam bidang Perlindungan Hak Kesehatan Anak. Saat ini, rokok mulai dikonsumsi oleh anak dan remaja khususnya di bawah usia 18 tahun, LPAI merasa perlunya aksi nyata dalam berkontribusi mengkampanyekan dan mengadvokasi pelarangan iklan, promosi, dan sponsor rokok. Melalui program ini, diharapkan LPAI dapat bergerak bersama seluruh elemen masyarakat dalam melindungi anak-anak dari paparan iklan rokok sehingga proses tumbuh kembangnya optimal. Ayo lindungi dan sayangi anak serta orang di sekeliling kita dengan berhenti merokok. Ciptakan generasi sehat dan cerdas menuju Indonesia Kuat!

Penulis : Rita

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published.