Bocah SMP Jadi Kuli Bangunan Demi Beli HP untuk Belajar Online

//Bocah SMP Jadi Kuli Bangunan Demi Beli HP untuk Belajar Online

Bocah SMP Jadi Kuli Bangunan Demi Beli HP untuk Belajar Online

Sendiri-mata karena ingin punya HP yang bisa digunakan untuk belajar online di masa pandemi ini, Seorang pelajar pelajar kelas VII MTs di Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah harus merelakan waktu belajarnya untuk bekerja sebagai kuli bangunan.

Catur Feriyanto di MTs YA Robi pelajar telah bekerja lantaran juga kondisi perekonomian orang tua yang tidak mendukung. Bocah asal Desa Karangrejo, Kecamatan Grobogan ini tidak memperdulikan orang lain, banyak yang melarang bahkan tidak sedikit teman-teman sebayannya justru ingin membantu meminjamkan ponsel demi bisa belajar berani.

Awalnya ketika itu, Catur sering terlambat mengumpulkan tugas sekolah karena terkendala smartphone. Karena siswa MTS ini baru bisa menggerjakan tugas sekolah setelah dipinjami handphone (HP) kakaknya seusai pulang kerja.

Namun tekadnya yang kuat untuk memiliki smarphone sendiri dari hasil kerja kerasnya, ia tidak memedulikan perkataan orang yang ingin membantu memijamkan.

“Tidak apa-apa [kerja jadi kuli bangunan] agar bisa beli HP buat belajar,” ujar siswa MTS YA Robi itu kepada awak media sambil mandi keringatnya, Sabtu (8/8/2020) sore.

Marno, yang punya proyek mengaku tidak ingin tahu Catur mengingat masih di bawah umur. Namun karena semangat bocah tersebut muncullah laporan siswa kelas VII MTS itu bekerja.

Hanya saja, Marno tidak memaksakan pekerjaan berat buat Catur. Ini mengingat usia siswa MTS itu masih di bawah umur.

Kesehariannya, ia mendapat Rp.50.000 dengan mengaduk semen dan mengangkat genting.

selanjutnya Bupati Grobogan Sri Sumarni dan Sekda Moh Sumarsono untuk menemui Catur. Ini setelah viral adanya siswa MTS bekerja sebagai kuli demi bisa beli HP untuk belajar berani.

Dia mendatangi tempat Catur siswa MTs itu bekerja dan mengajaknya membeli smartphone lengkap dengan kuota internet.

“Harapannya tidak bekerja yang melebihi kapasitas sebagai seorang anak. Jadi dia tidak akan bekerja lagi sebagai kuli namun fokus belajar, ”jelas Amin Hidayat.

By | 2020-08-11T11:49:33+07:00 August 11th, 2020|Berita|1 Comment

About the Author:

Avatar

One Comment

  1. Avatar
    Masnawi August 12, 2020 at 9:55 am - Reply

    Sesungguhnya para mntri tidak mengerti dan tdk paham dgn keadaan negrinya sndiri. Entah bagaimana harus mengemukakan pendapat, rasanya itu semua sia2. Sesekali gunakanlah hati nurani anda utk mnekan ambisi anda.

Leave A Comment

%d bloggers like this: