Sekjen Kemenkes Sebut Bahwa Merokok Dapat Memperbesar Risiko Terkena Infeksi Covid-19

//Sekjen Kemenkes Sebut Bahwa Merokok Dapat Memperbesar Risiko Terkena Infeksi Covid-19

Sekjen Kemenkes Sebut Bahwa Merokok Dapat Memperbesar Risiko Terkena Infeksi Covid-19

Sekjen Kementrian Kesehatan RI Oscar Primadi hadir sebagai salah satu narasumber pada webinar Hari Anak Nasional yang digelar oleh LPAI. Dalam presentasinya ia menyampaikan berdasarkan data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdes) dari previlensi Merokok Usia Muda telah pengalami kenaikan. Pada 2013, sebanyak 7,2 persen dan naik mencapai 9,1 persen di 2018.

“Hal ini memang perlu saya sampaikan bukti-bukti ilmiah ini, agar kita memahami bahwa sebetulnya persoalan rokok amat sangat erat dengan persoalan yang kita hadapi. Merokok dapat memperburuk kondisi pasien covid-19”. Ungkapnya

Dari data kasus baik yang konfirm positif maupun meninggal, tiga penyakit penyebab terbesar kasus terinfeksi dan menimbulkan kematian Covid-19 adalah hipertensi, diabetes, dan jantung. Ketiga penyakit tersebut merupakan penyakit tidak menular.

Pandemi Covid-19 semestinya menjadi pembelajaran bagi kita semua, untuk melakukan penguatan kesehatan masyarakat antara lain mencegah faktor risiko yang dapat menyebabkan individu rentan terinfeksi penyakit.

Salah satu faktor risiko yang menjadi perhatian adalah perilaku merokok. Merokok dapat meningkatkan kerentanan terhadap infeksi bakteri dan virus pada saluran pernapasan seperti influenza, infeksi pneumokokus yang menyebabkan pneumonia dan meningitis.

Berdasarkan studi di China oleh Zhou F dan kawan-kawan memperlihatkan bahwa merokok juga memperbesar risiko terkena infeksi Covid-19 hingga 14 kali lebih besar dibandingkan bukan perokok, dan 2,4 kali kemungkinan jatuh ke dalam kondisi parah yang menyebabkan harus mendapatkan perawatan intensif menggunakan alat bantu pernapasan mekanik (repirator) bahkan kematian. Tulisnya dalam materi Webinar Hari Anak Nasional Senin, (20/07/2020).

Oleh sebab itu ia menghimbau kepada seluruh komponen baik masyarakat dan pemerintah untuk bersama-sama meningkatkan edukasi bahaya meroko. Apalagi saat pandemi seperti sekarang ini. Ujarnya

By | 2020-07-21T09:17:45+07:00 July 21st, 2020|Berita|0 Comments

About the Author:

Avatar

Leave A Comment

%d bloggers like this: