Cara Mendidik Anak Yang Baik

//Cara Mendidik Anak Yang Baik

Cara Mendidik Anak Yang Baik

Keinginan setiap orang tua kepada anaknya pada umumnya adalah menjadikan anak yang baik dan berguna. Banyak konsep, tips atau cara yang telah diberikan oleh para pakar anak. Selain para pakar anak, tidak sedikit para tokoh agama yang juga memberikan kiat-kiat mendidik anak agar kelak menjadi manusia yang berkepribadian mulia dan berguna bagi lingkungan sekitarnya.

Salah satu yang dipelajari dan dijadikan contoh dalam mendidik anak adalah suatu kisah yang terdapat dalam salah satu kitab suci. Adapun beberapa cara didalam mendidik anak dalam keluarga yang diabadikan dalam suatu kitab suci :

  1. Memanggil anak dengan sebutan yang manja dan lembut seperti kata “sayangku”, “anaku sayang”. Panggilan yang lembut dan manja untuk membentuk pribadi yang peduli dan empati sehingga kelak menjadi pribadi yang sayang dan peduli kepada sesama.
  2. Penggunaan kata “jangan” untuk sebuah larangan. Memang ada beberapa konsep didalam mendidik anak untuk menghindari kata “jangan”. karena kata “jangan” akan berpengaruh pada kemandirian anak, keberanian dll. Namun didalam suatu kitab suci, pemilihan kata “jangan” digunakan didalam mendidik anak untuk membangun suatu ketegasan terhadap larangan agar tertanam kepada si anak untuk tidak melakukan sebuah larangan bahkan menjauhinya.
  3. Mulai memberikan arahan dengan perintah-perintah. Pemberian perintahpun tetap dengan cara yang lembut sambil memberikan contoh dan pemahaman. Cara ini diterapkan ketika anak menjelang remaja, yaitu sekitar usia 7-10 tahun
  4. Mengajak berdiskusi, dialog dan meminta pendapat kepada anak. Cara ini diterapkan ketika anak sudah mencapai tingkat kematangan atau anak yang duduk di bangku SMP, SMA atau kuliah. Pada usia tersebut, orangtua baru dapat mengurangi panggilan sayang ataupun perintah. Cara memerintahkannya pun berbeda, yaitu dengan mengajak mereka berdiskusi dan berdialog.“Minta pendapat mereka, karena pada usia tersebut anak meminta pengakuan dan perhatian. Jika mereka tidak mendapatkan pengakuan dan perhatian dari orangtuanya.

Semoga tips atau cara mendidik anak tersebut dapat sedikit membantu para ayah dan bunda didalam mendidik anak.

Disarikan dari beberapa sumber.

By | 2020-06-11T18:41:33+07:00 June 11th, 2020|Artikel|0 Comments

About the Author:

Avatar

Leave A Comment

%d bloggers like this: