Pesan Ibu Menteri, “Pentingnya Peran Forum Anak dan Perhatian Pemerintah Daerah Dalam Pemenuhan Dan Perlindungan Hak Anak”

/, Reportase/Pesan Ibu Menteri, “Pentingnya Peran Forum Anak dan Perhatian Pemerintah Daerah Dalam Pemenuhan Dan Perlindungan Hak Anak”

Pesan Ibu Menteri, “Pentingnya Peran Forum Anak dan Perhatian Pemerintah Daerah Dalam Pemenuhan Dan Perlindungan Hak Anak”

Dalam mengakhiri paparannya tentang rokok, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Republik Indonesia, Ibu  I Gusti Ayu Bintang Darmawati mengatakan sangat bangga karena Forum Anak ikut bergabung didalam acara webinar dengan tema “Perlindungan Anak Dari Manipulasi Industri Rokok dan Penggunaan Rokok Serta Nikotin” yang diselenggarakan oleh Lembaga Perlindungan Anak Indonesia dalam rangka memperingati Hari Tanpa Tembakau Sedunia atau World No Tobacco Day 2020.

Ibu Menteri mengatakan bahwa salah satu hak anak adalah hak partisipasi atau hak didalam menyuarakan dan hak untuk didengar segala pendapatnya didalam pengambilan keputusan yang menyangkut dirinya. Atas dasar tersebut, Kementrian PPPA telah membuat wadah bagi anak-anak Indonesia untuk dapat menyuarakan yaitu Forum Anak.

Forum Anak ini telah terbentuk secara nasional dari tingkat provinsi hingga kabupaten/kota bahkan forum anak telah dibentuk di desa-desa. Forum Anak sebagai wadah partisipasi anak, juga dapat menyuarakan aspirasinya terkait dengan isu-isu yang melibatkan anak tidak terkecuali rokok. Anak khususnya remaja memiliki peran yang sangat besar untuk dapat mempengaruhi sebayanya.

Oleh karena itu, peran Forum Anak sebagai pelopor dan pelapor menjadi sangat penting dalam rangka menyuarakan perlindungan anak dari bahaya rokok. Ibu Menteri juga mengungkapkan bahwa keaktifan dan keterlibatan forum anak ini tidak lepas daripada kebijakan pimpinan daerah. Forum Anak ini banyak dilibatkan oleh pemerintah daerah sampai tidak hanya musrembang tingkat provinsi, tapi anak-anak juga dilibatkan sampai musrembang tingkat desa. Demikian juga ada pimpinan daerah yang sampai satu hari full berdiskusi mendengarkan suara anak.

Ibu Menteri juga berpesan melalui webinar ini agar para kepala daerah memberi perhatian kepada Forum Anak diseluruh Indonesia. 

Kegiatan Webinar tersebut, setidaknya diikuti oleh 30 lebih Forum Anak yang tersebar diseluruh Indonesia disamping sekolah-sekolah dan kampus. Semoga Forum Anak khususnya dan para partisipan yang telah mengikuti webinar tersebut dapat menjadi jejaring yang kuat bersama-sama dengan LPAI didalam memperjuangkan dan melindungi hak-hak anak. Besar harapan LPAI partisipasi Forum Anak, Sekolah, Kampus, Akademisi, Profesional dan elemen masyarakat lainnya, dapat meluas tidak terbatas yang hadir dikegiatan webinar tersebut untuk bersama-sama membantu pemerintah didalam menjalankan program-program perlindungan dan pemenuhan hak anak termasuk dari industri rokok.

By | 2020-06-02T20:00:08+00:00 June 2nd, 2020|Artikel, Reportase|0 Comments

About the Author:

Leave A Comment

%d bloggers like this: