LPJ Jam Main Kita Ke-1 Di Istana Merdeka

LPJ Jam Main Kita Ke-1 Di Istana Merdeka

LAPORAN PERTANGGUNGJAWABAN

KEGIATAN #JamMainKita

Lembaga Perlindungan Anak Indonesia

( LPAI )

 

Tempat Kegiatan :

ISTANA MERDEKA-JAKARTA

Diselenggarakan Pada:

04 MEI 2018

 

Tema:

“Bermain dengan Gembira, untuk Pendidikan Karakter Bangsa”

Bermain dan mendapatkan pendidikan adalah 2 aspek penting bagi anak-anak. Namun banyak anak-anak yang saat ini tidak memiliki kesempatan untuk bermain yang seutuhnya. Dimana bermain yang seutuhnya itu harus bersentuhan dengan tanah, air, angin dan udara. Karena bukan hanya bermain yang merupakan “hak” setiap anak, namun bermain juga dapat mengembangkan karakter anak tersebut. Dalam rangka Hari Pendidikan Nasional, selayaknya orang tua dan pendidik membuka mata bahwa pendidikan bukan semata hanya untuk urusan akademik, namun pendidikan juga bisa dalam bentuk permainan, seperti bermain permainan tradisional. Permainan traditional tidak hanya mengembangkan karakter anak namun juga mengajarkan anak-anak akan penting nya kebudayaan dan kemasyarakatan bangsa.

Obyektivitas dari kegiatan ini adalah ikut berperan serta menyadarkan pendidik dan orang tua untuk membebaskan anak Indonesia untuk bermain di luar melalui permainan tradisional sebagai sarana mendidik mereka untuk mengajarkan nilai-nilai sosial, pembentukan karakter dan kecintaan akan budaya, dengan cara yang seru dan mengasyikan.

Tantangan di era digital khususnya berkaitan dengan anak-anak saat ini, semakin banyak orang tua dan anak yang sibuk bermain gawai (gadget) dan jarang keluar rumah, sehingga banyak yang melupakan interaksi dan komuniksasi satu sama lain.

Salah satu kegiatan yang bisa menjadi solusi dari tantangan diatas adalah dengan mengajak anak-anak Indonesia kembali bermain diluar, khususnya bermain permainan-permainan tradisional.

Kemudian follow up dari kegiatan ini adalah, upaya pemaksimalan dari Pemerintah untuk bisa mengeluarkan kebijakan dalam bentuk peraturan, baik Peraturan Presiden atau Peraturan Menteri, untuk melegitimasi sedemikian banyaknya permainan-permainan tradisional di Indonesia.

Kegiatan Jam Main Kita ini dilaksanakan oleh LPAI bekerjasama dengan PT. Johnson & Johnson Indonesia dan dibantu sepenuhnya oleh Kementerian Sosial RI dalam bentuk bantuan hibah untuk transportasi dan konsumsi sejumlah 1.000 peserta anak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Don`t copy text!